Gula putih merupakan produk hasil olahan dari batang tebu. Yang diproses produksi hingga menjadi butiran gula. Sedangkan gula karamel merupakan bentuk lain dari gula putih yang dipanaskan. Hingga titik didih 160 derajat celcius saat memprosesnya. Jadi pada dasarnya gula karamel merupakan bentuk lain dari gula putih. Lalu apakah ada perbedaannya.? Nah untuk mengetahui perbandingan gula merah dengan gula putih. Berikut ulasan singkatnya. Antara lain :

1. Bentuk

Jika dibandingkan dari sisi bentuk gula putih dan gula karamel jelas berbeda. Gula karamel yang masih leleh itu bisa menyesuaikan bentuk wadahnya. Dan bentuknya juga bisa disesuaikan sesuai keinginan kamu.

2. Warna

Dari sisi warna juga bisa dipastikan perbedaannya, antara gula karamel dengan gula putih. Jika sebelum dipanaskan bentuknya masih butiran berwarna putih. Kemudian setelah dipanaskan, hingga titik didih dan meleleh akan berwarna kuning kecoklatan. Itu untuk gula karamel.

3. Kegunaan

Dari sisi kegunaannya juga jelas berbeda. Karena molekul yang ada dalam gula putih setelah dipanaskan juga berubah teksturnya. Gula putih bisa berguna untuk menambah rasa dan bentuk masakan sayur. Hingga olahan beragam makanan. Sedangkan untuk gula caramel, hanya bisa digunakan untuk olahan makanan saja. Tidak bisa untuk masakan.

4. Nilai

Gula karamel memiliki nilai yang lebih komersil dibandingkan dengan gula putih. Ini dikarenakan gula caramel, bisa digunakan untuk menambah cantik tampilan makanan serta rasa. Dengan begitu,  nilai jual dari makanan dengan adanya gula karamel menjadi lebih tinggi. Dibandingkan tanpa gula karamel.

5. Fleksibel

Gula karamel juga lebih fleksibel. Bisa dijadikan sirup untuk menambah cita rasa minuman, topping, hingga isian dari adonan makanan. Fleksibilitas inilah yang tidak bisa dilakukan oleh gula putih.

Itulah beberapa hal yang bisa menggambarkan perbedaan, antara gula karamel dengan gula putih. Baik dari segi manfaat hingga nilai jualnya pun jelas berbeda. Ada Jika dipadupadankan dengan makanan yang diolah. Akan tetapi dari sisi rasa masih tetaplah sama. Yang membedakan hanyalah tekstur, bentuk dan warnanya saja. Jadi berdasarkan kegunaannya tersebut, kamu bisa lebih prioritaskan untuk menggunakan gula karamel sebagai campuran atau topping.

By Fiatin